Home / Gear  / Akhirnya Ada Search Engine yang Aman Buat Anak-anak Kita!

Akhirnya Ada Search Engine yang Aman Buat Anak-anak Kita!

Tantangan menjadi orangtua jaman sekarang memang tidak ada habisnya. Apalagi kalau urusannya teknologi. Buat para ayah, keasikan mengikuti perkembangan gadget dan teknologi baru ternyata harus diimbangi kecemasan terhadap pengaruh dari dark side of technology

Tantangan menjadi orangtua jaman sekarang memang tidak ada habisnya. Apalagi kalau urusannya teknologi. Buat para ayah, keasikan mengikuti perkembangan gadget dan teknologi baru ternyata harus diimbangi kecemasan terhadap pengaruh dari dark side of technology buat anak-anak kita. Termasuk sisi gelap yang menjijikkan, menakutkan, berbahaya juga pornografi yang bisa muncul dari hasil pencarian di search engine.

Cobalah masukkan keyword yang ‘aman’ di google. Kita pasti akan terkejut karena belum tentu hasil pencariannya juga aman buat anak-anak. Sangat mudah buat anak-anak kita tersesat di area hitam internet tanpa kita bisa cegah atau awasi.

Banyak orangtua yang sudah membatasi penggunaan gadget atau internet buat anak-anak, terutama untuk mereka yang berusia 7 tahun ke bawah. Tapi semakin besar anak-anak kita ada kebutuhan-kebutuhan pendidikan mereka yang mau nggak mau harus menggunakan internet. Googling data untuk mengerjakan tugas sekolah mereka misalnya.

Untungnya, sekarang ada Kiddle, search engine yang memakai engine Google, tapi bukan produk Google sendiri. Di Kiddle ada fitur yang bikin hati para Ayah sedikit tenang, ada term NSFC (not safe for child) saat menampilkan hasil pencariannya.

Kalau ada hasil pencarian yang tidak layak untuk anak-anak, robot-nya Kiddle akan tampil dan memperingatkan mereka karena ada error.

Screen Shot 2016-04-25 at 12.20.07 PM

Ternyata Kiddle editor terus menerus memilih dan menilai situs-situs mana yang aman buat anak dan menampilkan hasilnya di no 1-3. Berikutnya hasil pencarian no. 4-7 diisi situs yang bukan buat anak-anak tapi memakai bahasa yang patut dan mudah dipahami anak-anak. Semakin kebawah rangking Kiddle ditampilkan deretan situs terkenal tapi sulit dipahami oleh anak-anak. Untuk situs seperti ini , Kiddle mengandandalkan Google Safe Search untuk menyaring konten-konten yang tidak layak. Orangtua juga bisa memblok sendiri situs atau keyword tertentu.

The dark side of internet memang akan terus mengancam, tapi kehadiran Kiddle dan situs-situs lain yang didesain ramah anak bikin hati sedikit lebih tenang.

Untuk sementara.

Sampai mereka tambah gede dan lebih pinter dari bapaknya. Dan kalau mereka sudah tahu cara memakai proxy server, berarti tugas ayahnya untuk belajar lebih pinter lagi. Hehehehe…

Semangat Yah!

redaksi@ayahada.com

Review overview
1 COMMENT
  • Lavesto June 24, 2016

    Google juga punya fitur yang sama kok pak, dengan memanfaatkan SafeSearch pada pengaturan google maka konten negatif dan berbahaya tidak akan tampil. CMIIW 🙂

POST A COMMENT

Share This